steganografi dan contohnya

indomas tajun nurullah
1595124005
Nurnanda Yudha Prawira
1795124005 
kelompok 1

      Tekhnologi pada saat ini menjadi bagian paling penting untuk sumber informasi di segala bidang. Semakin banyak orang yang menggunakan tekhnologi sebagai media penyampaian informasi dan komunikasi karena mudah digunakan maka harus di perhatikan juga keamanaan tersebut pada saat menyampaikan informasi. Kebutuhan keamaanan akan semakin meningkat jika informasi tersebut mengandung nilai-nilai bisnis, privasi, ataupun kepentingan tertentu. Salah satu cara yang sering digunakan adalah dengan mengenkripsi informasi-informasi tersebut. Metode steganografi merupakan metode yang dapat mengatasi ketidakamanan data pada  saat menyebarkan informasi. Dalam steganografi ini, umumnya pesan yang digunakan adalah pesan dalam bentuk text, gambar, suara, ataupun video. Tujuan dari steganografi adalah merahasiakan atau menyembunyikan keberadaan dari sebuah pesan tersembunyi atau sebuah informasi. Secara umum, terdapat dua proses didalam steganografi yaitu proses embedding untuk menyisipkan pesan kedalam cover-object dan proses decoding untuk ekstraksi pesan dari stego-object. Kedua proses ini mungkin memerlukan kunci rahasia yang dinamakan stego-key agar hanya pihak yang berhak saja yang dapat melakukan penyisipan dan ekstraksi pesan.

      Kelebihan steganografi jika dibandingkan dengan kriptografi adalah pesan-pesannya tidak menarik perhatian orang lain. Pesan-pesan berkode dalam kriptografi yang tidak disembunyikan, walaupun tidak dapat dipecahkan, akan menimbulkan kecurigaan. Seringkali, steganografi dan kriptografi digunakan secara bersamaan untuk menjamin keamanan pesan rahasia.
Pada tugas ini, kami menggunakan media gambar untuk penyampaian pesan tersembunyi, berikut adalah gambar dan cara memecahkan pesan yang dirahasiakan :

Alasan kami memilih gambar tersebut yaitu :
1. Gestur Dilan dapat kami manfaatkan menjadi petunjuk yang artinya larangan/jangan yang ditujukan kepada Milea
2. Kondisi pandemi saat ini menjadi ide kami untuk menjadikan pesan tersembunyi
3. Menurut diskusi kami, teks quotes yang terdapat pada gambar dapat menjadi pengecoh untuk memecahkan pesan

          Tahap yang dilakukan untuk memecahkan pesan tersembunyi ini adalah dengan mengamati seluruh bagian gambar dengan teliti. Dengan begitu pesan dapat ditemukan pada bagian kaos Milea yang berwarna merah. Terdapat tulisan #dirumahaja yang artinya, himbauan kepada manyarakat untuk tetap dirumah agar memutus rantai penyebaran virus COVID-19

Berikut yang dapat kami sampaikan, Terimakasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Akuntansi Pajak “Persediaan”

CARA FLASH ACER E2 V370 DUO DUAL SIM 100% WORK

Kata kata motivasi belajar sangatlah penting